Selasa, 24 Agustus 2010

TIPS MENGGAIRAHKAN (KEMBALI)SEMANGAT KERJA

Indikasi performa dan semangat kita ibarat battery yang perlu di charge untuk memaksimalkan kembali daya dan fungsinya. Demikian pula dengan kinerja yang juga perlu penyegaran. Tak dipungkiri, rutinitas sehari-hari yang full pressure dan membutuhkan konsentrasi tinggi terkadang menempatkan kita pada titik kulminasi kejenuhan. Motivasi kerja pun lambat laun mengendur. Jangan dibiarkan berlarut! Ajak otak Anda untuk relax sejenak. Coba dengarkan musik favorit yang membangkitkan gairah kerja dan mood anda. Masih tidak mempan juga? Jangan risau, recharge semangat kerja anda dengan tips berikut ini

1. Pekerjaan Kita Adalah Anugerah. Mulailah menyadari bahwa pekerjaan yang kita miliki sekarang merupakan anugerah yang tidak begitu saja kita raih. Untuk sampai di posisi ini, kita telah melewati serangkaian perjalanan panjang dan berliku, menghadapi persaingan yang berat dengan sesama pelamar, rekan-rekan kerja, dan pekerjaan-pekerjaan yang membuat kita bekerja lembur. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bergembira dan bergairah saat ini.

2. Punya Mimpi. Mempunyai mimpi pada karier bisa memicu semangat yang akan mendukung pekerjaan. Kita jadi bergairah untuk menyusun langkah-langkah yang tepat demi tercapainya keinginan. Mulailah dari yang kecil, seperti membuat target-target mingguan. Minggu ini, target menyelesaikan draft presentasi. Target selanjutnya, menyelesaikan negosiasi dengan klien.
3. Mengingat (Kembali) Kesuksesan. Hasil penelitian membuktikan, semngat kerja yang kendur bisa bangkit lagi seketika saat kita mengingat keberhasilan yang pernah diraih sebelumnya. Katanya, kelenjar adrenalin akan lebih aktif bekerja, saat kita mengingat masa-masa indah termasuk keberhasilan. Sehingga mampu merangsang semangat, kreativitas dan kepercayaan diri.
4. Ajukan Proyek Baru. Jika kita termasuk tipikal yang selalu bersemangat menghadapi tantangan baru, coba minta atasan untuk memberikan proyek baru, sehingga gairah bekerja bangkit kembali.
5. Bicara Pada Sahabat. Saat sedang down, kita butuh a shoulder to cry on serta seseorang untuk mendengarkan. Bertemu sahabat dan ngobrol panjang lebar tetang masa-masa indah yang pernah kita alami, akan menyegarkan pikiran. Mereka mungkin bisa memberikan suntikan semangat baru pada kita.
6. Bayangkan Yang Indah. Bila semangat kerja kita turun, tapi pekerjaan menumpuk, segera bayangkan bahwa setelah pekerjaan selesai, kita akan memanjakan diri, dengan melakukan massage, nyalon, spa, shopping, atau kongkow bersama teman-teman.
7. Ambil Kursus. Meraih cita-cita pribadi dengan dukungan kantor membantu kita memiliki keterikatan terhadap kantor. Ambilah kursus-kursus yang diminati dan mampu membuat kita fun. Kalau kita merasa puas dengan yang didapat di luar kantor, kita bisa lebih menikmati pekerjaan, dan tidak lagi menganggapnya sebagai beban.
8. Pikirkan Yang Paling Disukai. Apa sih yang kita sukai dari pekerjaan yang sekarang kita jalani? Rekan kerja yang menyenangkan, waktu yang fleksibel, atasan yang bijaksana, atau apa? Bila masih bisa menyebutkan lebih dari lima hal dari pekerjaan yang bisa membuat kita tersenyum, kayaknya semangat kita yang hilang tersebut bisa segera kita temukan kembali.
9. Munculkan Pesaing. Pada dasarnya setiap orang punya jiwa bersaing dalam dirinya. Jadi, bisa semangat mulai kendur, jadikan salah satu rekan yang dianggap cemerlang sebagai rival kita di kantor. Berusahalah untuk menyaingi prestasinya, tentunya dengan cara yang sehat lho.
Jadi, bila Anda kehilangan semangat kerja,segera temukan kembali dan nyalakan obor gairah kerja Anda dengan mengaplikasikan tips diatas. Success is our right, isn’t it? Just grab it, gals.
Salam sukses untuk Anda!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts