Selasa, 24 Agustus 2010

Tip Penyemangat Kerja Setelah Liburan

Liburan panjang baru saja berlalu atau Anda baru saja menapaki awal tahun, tapi semangat kerja masih kendur karena jetleg liburan atau justru sudah mulai kendur? Kehilangan motivasi kerja? Jangan dibiarkan berlarut. Pasang musik yang asik untuk membangkitkan mood. Apabil tidak memapan juga, coba kembalikan semangat kerja Anda dengan Tips berikut ini:

1. Kerja Adalah Anugerah. Mulailah menyadari bahwa pekerjaan yang Anda miliki sekarang merupakan anugerah yang tidak begitu saja Anda raih. Untuk sampai di posisi ini, Anda telah melewati perjalanan panjang, menghadapi persaingan yang berat dengan sesama pelamar, rekan-rekan kerja, dan pekerjaan-pekerjaan yang membuat Anda bekerja lembur. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak bergembira dan bergairah saat ini.
Tips jitu recharge semangat kerja lagi

2. Punya Mimpi. Mempunyai mimpi pada karier Anda bisa memicu semangat yang akan mendukung pekerjaan. Anda jadi bergairah untuk menyusun langkah-langkah yang tepat demi tercapainya keinginan Anda. Mulailah dari yang kecil, seperti membuat target-target mingguan. Minggu ini, target menyelesaikan draft presentasi. Target selanjutnya, menyelesaikan negosiasi dengan klien.

3. Mengingat Kesuksesan. Hasil penelitian membuktikan, semngat kerja yang kendur bisa bangkit lagi seketika saat Anda mengingat keberhasilan yang pernah Anda raih sebelumnya. Katanya, kelenjar adrenalin akan lebih aktif bekerja, saat Anda meningat masa-masa indah termasuk keberhasilan. Sehingga mampu merangsang semangat, kreativitas dan kepercayaan diri.

4. Minta Proyek Baru. Anda mungkin tipikal yang selalu bersemangat menghadai tantangan baru. Bila suatu pekerjaan sudah membuat Anda stuck. coba minta atasan untuk memberikan proyek baru, sehingga gairah bekerja Anda bangkit kembali.

5. Bicara Pada Sahabat. Saat sedang down. Anda butuh orang untuk mendengarkan. Bertemu sahabat dan ngobrol panjang lebar tetang masa-masa indah yang pernah Anda alami, akan menyegarkan pikiran. Mereka mungkin bisa memberikan suntikan semangat baru pada Anda.

6. Bayangkan Yang Indah. Bila semangat kerja Anda turun, tapi pekerjaan menumpuk, segera bayangkan bahwa setelah pekerjaan selesai, Anda akan memanjakan diri, dengan melakukan massage, nyalon, spa, shopping, atau kongkow bersama teman-teman.

7. Ambil Kursus. Meraih cita-cita pribadi dengan dukungan kantor membantu Anda memiliki keterikatan terhadap kantor. Ambilah kursus-kursus yang diminati dan mampu membuat Anda fun. Kalau Anda merasa puas dengan yang didapat di luar kantor, Anda bisa lebih menikmati pekerjaa, dan tidak lagi menganggapnya sebagai beban.

8. Pikirkan Yang Paling Disukai. Apa sih yang Anda sukai dari pekerjaan Anda? Rekan kerja yang menyenangkan, waktu yang fleksibel, atasanyang bijaksana, atau apa? Bila masih bisa menyebutkan lebih dari lima hal dari pekerjaan yang bisa membuat Anda tersenyum, kayaknya semangat Anda yang hilang tersebut bisa segera Anda temukan kembali.

9. Munculkan Pesaing. Pada dasarnya setiap orang punya jiwa bersaing dalam dirinya. Jadi, bisa semangat mulai kendur, jadikan salah satu rekan yang dianggap cemerlang sebagai rival Anda di kantor. Berusahalah untuk menyaingi prestasinya, tentunya dengan cara yang sehat lho.

So, setiap kali Anda kehilangan semangat kerja, segera temukan kembali. Karena tanpa ini, Anda tidak bisa bekerja dengan baik dan sukses pun makin jauh diraih. Bila Anda tetap tidak bersemangat, ambilah cuti lagi dan pikirkan pekerjaan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts